Tips Dasar Membuat Teks Negosiasi Yang Benar

Teks Negosiasi adalah pelajaran yang akan saya berikan kepada Anda selama ini. Teks negosiasi bianya kita bertemu di kelas pengajaran bahasa Indonesia X SMA. Yang akan dibahas kali ini menegenai negosiasi teks yang antara lain pemahaman, struktur teks, aturan linguistik dan contoh teks negosiasi, dan mudah-mudahan yang akan memberikan materi bisa bermanfaat untuk semua teman saya.
Teks Negosiasi

Teks Memahami Negosiasi

Negosiasi Tekas adalah teks yang berisi interaksi sosial antara satu orang dan lainnya yang berfungsi untuk menentukan keputusan antara pihak-pihak yang memiliki kepentingan yang berbeda. Kedua belah pihak dalam negosiasi ini memiliki hak untuk hasil akhir. Hasil akhir dalam negosiasi ini membutuhkan persetujuan dari kedua belah pihak sehingga proses memberi dan menerima sesuatu untuk mencapai kesepakatan bersama.


Struktur teks Negosiasi

Tentu saja, masing-masing teks memiliki struktur, serta dengan teks negosiasi. Struktur teks negosiasi pada pembukaan teridi, konten, dan yang terakhir dari penutup. Untuk lebih jelasnya, teman saya bisa melihat penjelasan di bawah ini.


    Pemubakaan, adalah awal dari sebuah negosiasi yang biasanya berisi kata-kata atau ucapan salam dan pengenalan diri.
    Isi, bagian ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu penyampaian materi dan tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Pengiriman konten adalah bagian yang berisi pertanyaan atau pemberitahuan tentang objek atau masalah. Sementara tawar dan penyelesaian masalah adalah bagian di mana kedua belah pihak sedang bernegosiasi untuk akhirnya mendapatkan keputusan.
    Penutup, bagian akhir teks negosiasi.

Aturan linguistik Negosiasi Teks

Negosiasi selalu menunjukkan negosiasi aturan. Aturan teks atau karakteristik linguistik dari negosiasi yang baik adalah sebagai berikut.

    Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen pada satu waktu.
    Mulailah dengan argumen paling kuat dan didukung oleh fakta.
    Bangun argumen logis, pertemuan, mengikat, dan hati-hati.
    Menjelaskan pandangan Anda, membuat kesimpulan dari pandangan itu, maka Anda dapat mengatakan jika Anda tidak setuju dengan mitra negosiasi.
    Menggambarkan subjek kembali ke mitra negosiasi menunjukkan bahwa Anda telah memahami.
    Menanyakan alasan dari mitra negosiasi (kenapa ya / mengapa tidak).
    Jangan mengganggu argumen dari mitra negosiasi, mendengarkan, dan mencari titik lemah.

Selain di atas, berikut adalah beberapa karakteristik negosiasi dalam hal isinya.

    Negosiasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling setuju atau kedua belah pihak setuju untuk tidak setuju.
    Masing-masing pihak melakukan negosiasi memperjuangkan kepentingan mereka sendiri.
    Negosiasi adalah sarana untuk mencapai peneyelesaian.
    Negosiasi bertujuan praktis, yaitu untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Negosiasi contoh Teks

Di sini saya akan memberikan teman saya contoh singkat dari teks negosiasi untuk seorang teman yang diharapkan untuk membantu Indonesia kalian semua. Oke hanya mari kita perhatikan contoh berikut dari teks negosiasi singkat.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca Artikel kami.
Dan kami sangat berharap kepada para pengunjung agar berkomentar dengan baik dan benar.

Bottom Ad Slot (728x90)