Biografi Pahlawan Yos Sudarso

Yos Sudarso - Oke sobat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan suatu materi sejarah yaitu biografi dari Yos Sudarso. Yos Sudarso adalah salahsatu tokoh pahlawan yang berjuang dan mempertahankan keutuhan negara dan bangsa indonesia pada masa 1948-1965. Oke langsung saja mari kita simak sekilah biografi dari pahlawan kita Yos Sudarso.
Yos Sudarso
Yos Sudarso

Yos Sudarso

Yos Sudarso lahir pada tanggal 24 November 1925 di Salatiga, Jawa Tengah. Setelah menamatkan pendidikan dasar, Yos Sudarso melanjutkan ke sekolah pendidikan Guru (kweekschool) Kolese Xaverius di Muntilan. Namun pendidikan tersebut belum sempat selesai ketika tentara Jepang menduduki Indonesia. Kemudian Yos Sudarso pindah ke Sekolah Tinggi Pelayaran di Semarang dan beliau mengikuti pendidikan opsir pada Giyu Usama Butai.

Baca juga : Biografi 10 tokoh yang berjuang dan mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.

Yos Sudarso pada masa kemerdekaan bergabung dengan BKR-Laut yang kemudian berubah menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Berbagai posisi yang ada di ALRI pernah dijabat, seperti Komandan Kapal Perang RI Gajah Mada dan KRI Rajawali, KRI Alu, dan KRI Pattimura. Yos Sudarso juga mengikuti berbagai operasi militer dalam rangka memadamkan pemberontakan di berbagai daerah.

Pada bulan Desember 1961 pemerintah mengumumkan Trikora (Tiga Komando Rakyat) dalam usaha membebaskan Irian Barat dari cengkeraman Belanda. Sebagai deputi Operasi Yos Sudarso memikul tugas yang berat. Pada tanggal 15 Januari 1962 Yos Sudarso mengadakan patroli di daerah perbatasan yakni di Laut Aru dengan membawa tiga kapal jenis MTB, yaitu KRI Macan Tutul, KRI Harimau, dan KRI Macan Kumbang.

Keberadaan mereka di Laut Aru diketahui Belanda. Dua kapal Belanda menyergap ketiga KRI tersebut. Yos Sudarso yang berada di KRI Macan Tutul memerintahkan melakukan penyerangan sehingga dua KRI yang lain lolos dari sergapan musuh. KRI Macan Tutul tenggelam dan seluruh awak kapal gugur termasuk Yos Sudarso. Berdasarkan SK Presiden No.088/TK/1973 tanggal 6 November 1973 pemerintah menganugerahi Yos Sudarso gelar Pahlawan Nasional.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca Artikel kami.
Dan kami sangat berharap kepada para pengunjung agar berkomentar dengan baik dan benar.

Bottom Ad Slot (728x90)