Biografi Pahlawan Sutoyo Siswomiharjo

Oke sobat, pada kali ini kita akan mebahas bigorafi salah satu pahlawan kita yaitu Sutoyo Siswomiharjo. Sutoyo Siswomiharjo ini merupakan salah satu tokoh pahlawan yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965. Oke langsung saja mari kita simak sekilas mengenai biografi Sutoyo Siswomiharjo.
biografi sutoyo siswomiharjo
sutoyo siswomiharjo

Sutoyo Siswomiharjo

Sutoyo Siswomiharjo lahir pada tanggal 23 Agustus 1922 di Kebumen. Pendidikan yang ditempuh adalah HIS dan AMS. Pada masa Pendudukan Jepang, Sutoyo mendapatkan pendidikan pada Balai Pendidikan Pegawai Tinggi di Jakarta. Setelah selesai, Sutoyo diangkat sebagai pegawan negeri di kantor kabupaten di Purworejo sampai tahun 1944.

Selanjutnya Sutoyo Siswomiharjo terjun ke militer dan bergabung dengan TKR bagian kepolisian yang kemudian berkembang menjadi Corps Polisi Militer (CPM). Sutoyo pernah menjabat sebagai ajudan Komandan Divisi V Kolonel Gatot Subroto. Pada bulan juli 1948 Sutoyo diangkat menjadi Kepala Staf CPM Yogyakarta dan dua bulan berikutnya menjadi Komandan CPM Detasemen II Surakarta.

Baca juga : Tokoh yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.

Adapun jabatan terakhirnya adalah Inspektur Kehakiman/Oditur Jenderal Angkatan Darat dengan pangkat Brigadir Jenderal. Sutoyo termasuk salah satu orang yang menolak rencana PKI untuk membentuk angkatan kelima. Oleh pemerintah, Sutoyo Siswomiharjo dianugerahi gelar Pahlawan Revolusi pada tanggal 5 Oktober 1965 berdasarkan SK Presiden No. 111/KOTI/1965.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca Artikel kami.
Dan kami sangat berharap kepada para pengunjung agar berkomentar dengan baik dan benar.

Bottom Ad Slot (728x90)